Monday, November 17, 2008

Mengenal Silat Kantobing

Kantobing (Kuntao Kombinasi) adalah suatu sistem beladiri rancangan Suhu Nurdin dg. Alli yang merupakan kombinasi dari berbagai jenis beladiri yaitu: Silat Tangka (Makassar), Silat Sendeng (Bugis-Makassar), Silat Batte (Permainan kaki dari Kab. Jeneponto dan Kab. Tana Toraja), Cimande (khas silat Sunda/Jabar), Silat Baweang, Karate, Tinju, Kuntao dan Tai Chi.

Guru beliau yang berpengaruh sehingga beliau berinisiatif untuk menciptakan 1 aliran tersendiri adalah Li Cang Yang (atau lebih dikenal dengan nama Baba’ Cang Yang) seorang pendekar yang berasal dari negeri China yang darinya Suhu Nurdin Dg. Alli mempelajari Tai Chi dan Kuntao.

Sampai sekarang Suhu Nurdin Dg. Alli masih aktif melatih silat Kantobin dikediaman beliau di Jalan Barombong Desa Panciro Kec. Bajeng, Kab. Gowa.

YANG DIPELAJARI DALAM SILAT KANTOBING.

Berikut adalah beberapa materi yang diajarkan dalam Silat Kantobing (ditulis oleh Ust. Abu ’Isa Ali Kendari, beliau adalah salah seorang murid Suhu Nurdin Dg. Ngalli) :

1. DASAR

  1. Pemanasan

  2. Kuda - kuda

  3. Pelincahan

  4. Tiu - tiu

  5. Tongkat kecil (masuk didalamnya double stick, dll)

  6. Toya


2. KUNTAO CINA HONGKONG

  1. Kuntao Kecil

  2. Kuntao Baba Xiu Wang

  3. Kuntao Baba Li Cang Yang


3. KOMBINASI KUNTAO CINA HONGKONG

1. Kuntao Kungfu

  1. Kuntao Toya

  2. Kuntao Pedang Kembar


4. KUNGFU KUNTAO KOMBINASI

  1. Pukulan Inti

  2. Kombinasi

  3. Komite

  4. Patahan


5. KANTOBIN


2 comments:

Unknown said...

Silat kantobin latihan dasar nya memang berat , dan butuh bertahun untuk bisa pindah ke level berikutnya ,,,,,,, aku sangat menikmati latihan beladiri ini

Unknown said...

D mna almatnya.