Wednesday, May 13, 2009

Pelajaran Terbesar dari JALAN PETARUNG

Bukan 5 ways of attack, Bukan pula When in Doubt pelajaran terbesar yang saya dapatkan dari Universitas JALAN PETARUNG. Tapi yang saya anggap pelajaran terbesar yang saya dapatkan dari blog sifu Ery adalah Seni Kerendahan Hati “Cross Training”.



Dengan pelajaran cross training (berlatih lintas seni beladiri) dari JALAN PETARUNG ini, ‘adi yang dulunya hanya belajar (bahkan cenderung fanatik) beladiri Kuntao dan Silat Kantobing akhirnya mau membuka mata dan mengencangkan sabuk untuk mempelajari aliran beladiri lain (JKD, Vale tudo, Krav maga, TKD, Dumog, dll). Walaupun kebanyakan dari beladiri tersebut saya pelajari secara otodidak melalui CD instruksional, dan internet (dan kebanyakannya hanya mempelajari beberapa gerakan saja) saya sudah cukup bangga dan senang karena dengan melakukan Cross training berarti (insya Alloh) saya sudah terbebas dari belenggu fanatik buta kepada suatu aliran beladiri tertentu dan menganggap remeh aliran lain..


Sudahkan anda melakukan Cross Training??


NB : Artikel ini saya dedikasikan untuk ”guru” sekaligus teman kami, Sifu Ery Nugroho

8 comments:

beladirikita said...

Good...
Ilmu pengetahuan sangat luas.. termasuk pula ilmu beladiri....
di muka bumi ini tak ada satu ilmu beladiri pun paling sempurna, semua ada kelebihan dan kekurangan.
Jadi.. mempelajari berbagai ilmu beladiri adalah wajar...
Asalkan tidak membuat kita sombong dan takabur...

Seorang seniman beladiri tdk mencari pengakuan atas kehebatan dirinya.. tapi seorang seniman beladiri mencari kepuasan batin atas ilmu yg dipelajarinya...

rizkywithcoresound said...

yup.saya suka crosstraining

'adi said...

Makasih mas harry.. Btw, saya salut dgn blog terbaru sampeyan, keren..
Buat rizky makasih sdh mampir

RMunadji said...

sayang bang Ery sudah jarang update. Beliau sibuk di FB sekarang ini :)

admin said...

Assalamu'alaikum Bang Adi, terimakasih atas apresiasinya. Walau rasanya agak berlebihan, tapi sebagai manusia pastilah saya merasa senang kalau tulisan saya dirasa bermanfaat.

Kayaknya, sekarang giliran saya untuk berguru melalui tulisan-tulisan Bang Adi... Keep on rockin brother!

'adi said...

wa 'alaikumussalam. Makasih sifu ery

Reoly Novwan said...

beli VCD atau download di internet alamatnya dimana? latihan dasar beladiri Krav Maga yang VCD instruktorialnya jual dimana?

'adi said...

@reoly..
Utk video tutorial, anda bisa beli budovideos.com