Sunday, May 31, 2009

Jurus Bulan Ini : Pukulan Pattekang (Kuntao)

Mungkin agak tepat kalo saya mengatakan bahwa bulan ini adalah bulannya patahan siku dalam kehidupan beladiri saya. Dg. Sitaba, Guru Kuntao kami bermurah hati utk menunjukkan dan mengajarkan kepada kami berbagai cara untuk mematahkan siku sekaligus beberapa teknik beladiri praktis yang juga diakhiri dengan mematahkan siku. Tapi berhubung teknik ini agak susah dijelaskan secara tulisan, maka pada bulan ini kami akan menjelaskan sedikit tentang Pukulan Pattekang yang kami ambil dari beladiri Kuntao (walaupun kata Pattekang sendiri berasal dari Bahasa Makassar) .

Nama Lain Pukulan Pattekang
Pukulan Pattekang juga pernah kami pelajari dari beladiri Silat Kantobing dengan nama Pukulan Bandolan dan juga dari Kungfu dengan nama Bian Quan (pukulan pecut).

Cara melakukan
Dari fighting stance badan agak menyamping lalu pukulan dengan menggunakan punggung tangan kiri dilontarkan dari arah kanan.

Aplikasi.
Guru kami (Dg.Sitaba) pernah memberi petunjuk bahwa pukulan Pattekang sangat efektif digunakan sebagai serangan pembuka (tapi yang perlu diingat!!! Bukan sifat ksatria mencari masalah lalu memulai perkelahian).
Dan dari pengalaman pribadi (dari jurus kombinasi yang kami pelajari dari Beladiri satuan keamanan dari Asia Timur) jurus ini juga terbukti untuk mengacak-acak pertahanan lawan sehingga memungkinkan bagi kita untuk melakukan serangan lanjutan untuk menyudahi pertarungan.

Mudah-mudahan bermanfaat..

2 comments:

Unknown said...

Banyak jurus dalam bela diri

Unknown said...

Bela diri Savate, Capoeira, Sambo dan Krav Marga populer di luar Asia Timur, komentar balik ya ke blog saya www.goocap.com