Friday, December 6, 2013

Pelajaran Beladiri dari Nyamuk

Cara dahsyat membunuh nyamuk..

Mungkin hampir setiap dari kita sangat terusik dengan keberadaan binatang kecil bernama nyamuk, jangankan gigitannya, suara desingannya ketika hilir mudik di dekat telinga kita saja kadang dirasa sangat mengganggu. Mungkin karena banyaknya yang sebel dengan binatang ini maka beberapa perusahaan memanfaatkannya dengan membuat berbagai macam alat untuk membunuh atau sekedar mengusir nyamuk. Mulai dari obat anti nyamuk bakar, hingga yang sekarang naik daun adalah raket nyamuk listrik (yang kadang penggunaannya menjadi pertanyaan di benak sebagian orang: halal atau haram? Karena kadang membunuh nyamuk dengan raket listrik ini menyebabkan nyamuk sampai terbakar, yang notabene membunuh atau menyiksa dengan cara membakar adalah perkara yang diharamkan dalam syariat kita. Tetapi setelah menanyakan kepada beberapa orang ustadz, mereka menjawab bahwa membunuh nyamuk dengan menggunakan raket listrik adalah perkara yang dibolehkan, karena hal tersebut tidak digolongkan kedalam perbuatan membakar, dan salah seorang ustadz kami menyarankan bahwa ketika memukul nyamuk dengan raket listrik, jangan sampai mendiamkan nyamuknya di raket sampai terbakar. Wallohu a'lam). Dan inilah mungkin salah satu hikmah diciptakannya nyamuk oleh Alloh, yaitu terbukanya lapangan kerja yang sangat luaaaaas. Betapa banyak karyawan yang bekerja di perusahaan obat anti nyamuk, perusahaan pembuat raket nyamuk, minyak telon anti nyamuk dsb yang bisa menghidupi keluarganya lewat perantaraan gaji yang mereka dapatkan dari perusahaan tersebut. Sungguh besar hikmah Alloh pada setiap perbuatan-Nya..

Pada malam ini kami coba menulis satu hubungan antara trik membunuh nyamuk dengan salah satu teknik membela diri. Coba kita coba memukul nyamuk yang baru saja hinggap di badan kita, kira-kira berapa persen tingkat keberhasilannya? Sekarang bandingkan dengan nyamuk yang kita biarkan sejenak, kita tunggu sampai dia menancapkan alat pengisapnya di kulit kita. Begitu dia sudah mulai mengisap (sekejap saja, jangan kelamaan), lalu kita pukul. Coba bandingkan tingkat keberhasilannya dengan kasus pertama tadi. Menurut pengalaman saya, tingkat keberhasilan trik kedua lebih besar dari kasus pertama (memukul nyamuk yang belum menghisap darah kita). 

Dari contoh diatas kita bisa mengambil kesimpulan tentang pentingnya counter attack, menyerang balik ketika lawan sementara sedang menyerang. Yang sering sparring pasti pernah merasakan hal ini ketika melawan orang yang cukup ahli. Ketika dia dalam posisi bertahan, kita pasti akan sulit memasukkan serangan kita, entah dia hindari atau dia block, tangkis. Beda halnya ketika dia sedang menyerang dan kita balas serangannya ketika dia lagi keasyikan menyerang, pasti dia akan sulit mengantisipasi serangan balasan yang kita lancarkan. Contoh ketika lawan memukul kita dengan pukulan jab, kita mengelak sedikit (slip) ke sisi luar tubuhnya sambil melancarkan jab ke tubuhnya lalu disusul dengan pukulan overhand. Contoh lain ketika lawan melancarkan pukulan swing (pukulan yang mungkin 80% dipakai oleh preman dalam perkelahian), kita menunduk untuk menghindari pukulan tersebut sambil melakukan double leg takedown. Dan banyak lagi contoh kasus yang mungkin lebih mudah dipahami jika dilakukan dalam latihan..

Mudah-mudahan bermanfaat..

No comments: