Saturday, December 14, 2013

Pelajaran Penting dari Cedera

Bismillah.
Tak terasa sudah hampir sepekan saya menepi dari aktivitas latihan fisik berhubung ankle saya masih cedera. Mungkin karena salah dalam melakukan gerakan dalam latihan fisik hari senin yang lalu sampai sekarang saya masih ragu untuk melanjutkan program latihan saya, takutnya kalau dipaksakan cederanya malah bertambah parah dan makin menambah panjang jadwal istirahat saya. 

Memang tidak salah peringatan yang dikedepankan oleh developer aplikasi latihan yang saya jalani sekarang, mereka menasehatkan agar sebelum memulai aktifitas latihan hendaknya kita mempelajari gerakan yang akan kita latih dengan seksama. Kadang detail dari gerakan yang kita anggap sepele bisa menyebabkan cedera pada bagian tubuh kita saat latihan. Hal yang sama berlaku dari orang yang latihan beladiri hanya bermodal menonton video instruksional, karena tidak ada pelatih yang langsung mengawasi proses latihan, kesalahan-kesalahan kecil dalam detail yang terus menerus kita ulang sehingga menjadi reflek kita bisa berakibat fatal ketika diaplikasikan dalam pertarungan jalanan. Contohnya ketika mengeksekusi americana shoulder lock dari posisi mount, bagian lengan lawan yang hendaknya kita pegang adalah pada posisi pergelangannya. Ini dimaksudkan untuk menghambat mobilitas lawan yang mencoba untuk berontak melepaskan diri, tapi ketika pegangan kita bergeser beberapa inchi saja, apakah bergesernya ke arah atas sehingga yang kita pegang adalah telapak tangannya atau bergesernya beberapa inchi ke bawah sehingga kita memegang lengan atasnya, kedua posisi yang salah ini bisa memberi dampak yang besar dalam pertarungan. Apakah kita harus mengeluarkan tenaga ekstra karena harus bekerja keras menahan tangan lawan atau lawan menjadi lebih mudah untuk melepaskan diri hanya karena posisi tangan kita yang bergeser beberapa inchi dari tempat yang seharusnya.. Ingat hanya be-be-ra-pa inchi, bisa memberi dampak yang besar dalam pertarungan.

Oleh karena itu, saya menasehatkan kepada diri saya pribadi dan kepada sidang pembaca seluruhnya, dalam bidang apapun yang anda jalani anda perlu memiliki pelatih, guru, mentor yang berkompeten yang bisa mengoreksi kesalahan-kesalahan yang anda lakukan. Baik dalam bidang beladiri, fitness, bisnis, apalagi dalam masalah agama anda perlu bimbingan guru yang berkualitas untuk melejitkan kemampuan dan keahlian anda..

Mudah-mudahan bermanfaat..

No comments: